Taman Bermain #1

Posted: Mei 1, 2013 in Pokoknya Burung

“Aku menemukan taman bermain.

Berkawan ilalang,bersahabat terik mentari.

Riak air senantiasa mengiringi nyanyian riang sang burung.

Seakan menutupi semua risau, begitu melihat kilauan bulunya.

Aku sebut taman tersebut, Wonorejo.”  -April 2012

Sudah lama saya ingin bercerita tentang Wonorejo. Tempat dimana pertama kali rasanya ingin muntah karena disuguhi buuanyak sekali burung pantai. Ditambah dengan hawa panas khas tambak pesisir, lengkap sudah “penderitaan” itu. Wonorejo bisa ditempuh 20 menit dari kampus ITS dengan kendaraan bermotor. Adalah Memed, si begundal Pecuk ITS yang pertama kali memperkenalkan tempat ini kepada saya.

Pandangan Pertama

Selesai acara WBWR pada Minggu 16 Pebruari 2012, sore harinya saya, Kukuh, Arif dan Panji menyempatkan mampir sejenak ke Wonorejo. Awalnya hanya untuk mengisi waktu saja karena tiket kereta pulang ke Jogja baru hari Senin esok harinya sekitar pukul 13.00 WIB. Daripada nganggur di kampus ITS, mendingan ke Wonorejo aja. Kira-kira seperti itu Memed memprovokasi kami. Saya nggak paham apa yang dimaksud nganggur oleh Memed. Lha wong dari tadi sini sibuk nyari katalog kok. hahahaha,,

Setelah cari pinjaman motor kesana-kemari dan ditemani dua guide dadakan, Sita Hamzati dan Firda Cihuy, kami pun berangkat ke Wonorejo.

Perjalanan dari kampus ITS menuju Wonorejo mengingatkan saya akan memori Ekspedisi Trulek Jawa oleh Bionic di Muara Gembong, Bekasi beberapa tahun silam. Suasananya persis. Ya pemukiman penduduknya, kumuh-kumuhnya, jalan yang rusak, bahkan bau amis ikannya pun persis!

IMG_0641

Ini yang bikin saya teringat Muara Gembong

 

IMG_0008

Wonorejo Sore Hari

 

Sampai disana, yang saya ingat, si Kukuh sampai bersujud saking takjubnya berjumpa dengan burung pantai pengembara yang luar biasa banyaknya. “Birdbanding neng kene tuonjo iki, Lek.”, celoteh si brewok.

Pengamatan sore itu hanya beberapa jam saja. Ya itung-itung sebagai habituasi. Karena pagi harinya kami berencana mampir lagi.

Shorebird di Wonorejo biasa berkumpul di tambak milik nelayan. Teman-teman menyebutnya dengan Petak atau Blok. Ada Blok Gajahan, Blok Gagangbayam, Blok Trinil dan lain-lain. Dan favorit saya tentu saja, Blok Es Tape. Yang terletak di warung Bu Rum. 😀

Ngadem dulu di Warung Bu Rum

Ngadem dulu di Warung Bu Rum
Foto oleh : Yu Imey

 

Silaturrahmi itu Penting!

Kunjungan kedua yaitu pada April 2012. Ini juga diluar rencana karena kebetulan pesawat yang saya tumpangi dari Sulawesi mendarat di Bandara Juanda, Surabaya. Rasanya kok eman jika saya tidak mampir sejenak ke Wonorejo. Sekalian silaturrahmi dengan kawan-kawan ITS. Hehe,,

Sampai di Surabaya, Senin 16 April 2012, ternyata saya datang tepat di saat suasana ITS sedang “hangat-hangatnya”. Yup. Teman-teman ITS sedang mid semester. Sembari nunggu yang mau menemani saya ke Wonorejo, saya pun menyempatkan diri birding di sekitar kampus.

Actitis hypoleucos, Trinil Pantai, di Kampus Tenggelam. hehe..

Actitis hypoleucos, Trinil Pantai, di Kampus Tenggelam.

 

Lonchura maja, Bondol Pak Haji

Lonchura maja, Bondol Pak Haji

 

IMG_0314

Aegithina tiphia, Cipoh Kacat, malu-malu menampakkan diri diantara mahasiswa ITS

 

Ardeola speciosa, Blekok Kampus. eh, Blekok Sawah!

Ardeola speciosa, Blekok Kampus. eh, Blekok Sawah!

 

Cinnyris jugularis, Burungmadu Sriganti, masih di kampus ITS

Cinnyris jugularis, Burungmadu Sriganti, masih di kampus ITS

 

Hari ketiga, saya hanya disangoni kunci motor tanpa STNK oleh si Memed untuk berangkat sendirian ngubek-ngubek Suroboyo. Yo opo iki rek?!

Rhipidura javanica, Kipasan Belang, burung atraktif pengunjung setia area mangrove

Rhipidura javanica, Kipasan Belang, burung atraktif pengunjung setia area mangrove

 

Blok Gajahan

Blok Gajahan

 

Sepasang Tachybaptus novaehollandiae, Titihan Australia

Sepasang Tachybaptus novaehollandiae, Titihan Australia

 

Tachybaptus novaehollandiae, Titihan Australia jantan

Tachybaptus novaehollandiae, Titihan Australia jantan

 

Saya nggak punya target untuk bertemu jenis tertentu pada kunjungan kali ini. Takutnya getun kalo sampai apa yang ditargetkan tidak ketemu. Tapi entah mengapa di otak saya seperti ada yang muter-muter. Terbang kesana-kemari seperti memprovokasi. Ternyata Gagangbayam Timur! Akhirnya saya pun menyerah sambil bergumam “mugo-mugo ketemu Ya Allah…”

Charadrius javanicus, Cerek Jawa

Charadrius javanicus, Cerek Jawa

 

Dara Laut

Dara Laut

 

Yang dicari pun akhirnya melintas. Meskipun dengan kejadian yang tidak disengaja…

Himantopus leucocephalus, Gagangbayam Belang)

Himantopus leucocephalus, Gagangbayam Timur

 

Chlidonias leucopterus, Daralaut Sayap-putih

Chlidonias leucopterus, Daralaut Sayap-putih

 

Bersambung…

Komentar
  1. Khaleb Yordan berkata:

    cihuuyyy!
    mantap

  2. imexplore berkata:

    waaaahhh telo…!!!
    malah bersambung ik..
    tiwas berdebar2 membayangkan lanjutan ceritane..

    wonorejo bikin huweeekkkkkkk 🙂

Tinggalkan komentar