BSO, Dahulu dan Masa Kini

Posted: Mei 8, 2012 in cerita aza

Jika berbicara tentang BSO Himabio UNY, banyak sekali hal yang bisa dikupas tuntas. Mulai dari apa saja BSO yang ada, kapan berdirinya sampai lika-liku perjalanan BSO hingga bisa eksis. Tapi sebelumnya, saya mau tanya, ada yang belum tau apa itu BSO? Di jaman saya masih kuliah, salah satu teman saya pernah berceloteh BSO itu Badan Saangat Otonom. Mengingat dari segi pembiayaannya yang minim banget. Hehe..

BSO, kependekan dari Badan Semi Otonom, adalah organisasi mandiri di bawah naungan Hima. Ada organisasi dalam organisasi. Itulah BSO. Dan organisasi ini mempunyai kepengurusan sendiri yang di setiap akhir tahun sang ketua mempertanggungjawabkan kegiatan BSO-nya oleh Hima yang menaunginya. Hingga saat ini ada 3 BSO yang ada di Himabio UNY. Kebetulan di tahun ini, saya mengikuti acara perekrutan anggota baru ketiga BSO tersebut. Biasalaah, sebagai pengacara profesional (pengangguran banyak acara), kegiatan seperti ini tidak boleh dilewatkan. Dan berikut saya uraikan satu persatu kegiatan tersebut plus sedikit cerita tentang BSO terkait.

BSO Arwana

Bertempat di puncak Suroloyo (Kulon Progo), Arwana mengadakan Perekrutan Anggota Baru atau bisa disebut Perang. Saya tidak tahu persis apa tema Perang kali ini. Tapi yang pasti dari Perang ini saya tahu bahwa untuk kedepannya Arwana mencoba untuk konsentrasi kepada makhluk cantik bernama kupu-kupu. Kegiatan Perang dilaksanakan tanggal 25-26 Februari 2012 dan diikuti oleh 11 anggota baru yang mayoritas berasal dari angkatan 2010. Inti dari acara Perang kali ini ialah mencoba mengidentifikasi kupu-kupu apa saja yang ada di Suroloyo.

ARWANA di puncak Suroloyo

Jika mengingat beberapa tahun ke belakang, sejatinya Arwana ialah sebuah Organisasi Pecinta Alam seperti pada umumnya. Kalau di FMIPA ada Hancala. Atau di tingkat universitas ada Madawirna. Nah Arwana ini PA-nya tingkat jurusan. Mulai tahun 2009 BSO ini menata diri menjadi lebih ke kelompok studi ketimbang PA-nya sendiri. Pertimbangan waktu itu ialah ingin mencoba berkegiatan yang lebih besar porsi ilmiahnya dari pada adventurnya. Intinya yang Biologi banget lah. Harus diakui bahwa perubahan ini banyak terinspirasi oleh berbagai Kelompok Studi yang ada di universitas tetangga kita yang sepertinya lebih bisa dijadikan tempat aktualisasi bagi para anggotanya.

Tahun ini BSO Arwana diketuai oleh Aziz Purnomosidi yang berasal dari Prodi Pendidikan Biologi 2010. Dan misi Arwana kali ini ialah bisa membuat penangkaran kupu-kupu sederhana di kebun Biologi kita tercinta. Mari kita doakan semoga misi ini bisa terealisasi. Amiin…

BSO BSG-Yogyakarta

Inilah satu-satunya BSO yang saya tahu seluk-beluk perjalanannya dari awal berdiri sampai sekarang. BSO ini dideklarasikan tahun 2007 (semasa KTM saya masih berlaku. hehe…). Dan baru di tahun 2009 bisa menjadi bagian dari keluarga besar Himabio UNY. Meskipun begitu BSG cukup bisa memberi warna baru bagi dunia per-Biologi-an di UNY. Merdeka!

Angkatan pendiri BSG berjumlah 23 orang yang seluruhnya berasal dari prodi Biologi UNY angkatan 2006. Tahun 2011, total anggota BSG berjumlah kurang lebih 40-an orang. Saat itu BSG dikomandani oleh Hafiz Riswandi (Biologi 2007) yang merupakan generasi ke-2 setelah rezim Tatag Bagus P.P. (penggagas BSG). Tahun 2011 bisa dibilang tahun ekspansi bagi BSG karena di tahun ini terasa sekali BSG melebarkan sayapnya di dunia Biospeleologi. Berbagai kegiatan yang berbau gua diikuti untuk memperkenalkan BSG ke organisasi-organisasi sejenis.

Tanggal 3-4 Maret 2012, bertempat di Gua Seropan-Semuluh, BSG melantik anggota baru yang berjumlah 23 orang. Kegiatan pelantikan anggota baru ini biasa disebut Roosting. Atau bahasa Bantulnya menclok. Saya sebenarnya tidak tahu pasti apa tujuan diberi nama Roosting. Silahkan mengartikan sesuai fantasi masing-masing. Yang jelas, melalui kegiatan Roosting kali ini diharapkan BSG lebih bisa dirasakan sepak terjangnya di tengah mahasiswa Jurdik Biologi UNY. Ohya, tahun ini BSG diketuai oleh Kurnia Ahmadin mahasiswa Prodi Biologi 2009. Pemilihan dia sebagai ketua BSG harus melalui proses yang panjang dan melelahkan. Perlu diskusi yang alot sehingga bisa menempatkan dia sebagai Ketua BSO berlambang Amblypygi ini. Selamat berpetualang Pak Ketu. Semoga BSG makin jaya di bawah kepemimpinanmu…

Di depan Gua Seropan. Sesaat sebelum pelantikan.
foto : Munifah

BSO KPB Bionic UNY

Mari kita berbicara tentang burung. Dan jika sudah berbicara tentang burung kampus, KPB Bionic UNY jagonya, hehehe… Tahun 2012 BSO ini memilih Waskito Kukuh Wibowo sebagai kepala suku. Berperawakan besar, tampang sangar dan berjenggot lebat menjadi ciri khas mahasiswa Pendidikan Biologi 2008 ini. Saya tidak tahu persis apa alasan Bionicers memilihnya sebagai ketua. Tapi percayalah, yang berjenggot emang yang lebih asoy! hahahaha,,

Bertempat di Bunder (Gunung Kidul), Bionic menggelar acara GELATIK (Gelar Pelantikan) yang ke-IX. Tempat ini sekaligus menjadi ajang nostalgia bagi anggota Bionic angkatan VI, termasuk saya, karena Gelatik angkatan VI bertempat di lokasi yang berdekatan. Yang berbeda ialah jika dulu angkatan VI hanya berjumlah 9 orang, angkatan IX kali ini berjumlah 29! Jika dulu dari angkatan I hingga VI anggota baru setiap tahunnya bisa dihitung dengan jari tangan, maka mulai dari angkatan VII hingga IX harus ditambah dengan jari kaki. Itu pun harus pinjem jarinya orang lain. Saya masih ingat ketika di tahun 2010, untuk pertama kalinya Bionic melantik anggota baru sejumlah 30-an peserta. Bisa dibayangkan betapa repotnya panitia Gelatik waktu itu.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, salah satu sesi Gelatik tahun ini ialah sharing dengan para pendiri Bionic. Istilahnya Kukuh : the Legend of Life-nya Bionic. Dan kali ini diisi oleh Mas Imam Taufiqurrahman. Yang saya tangkap dari sharing kali ini ialah Bionic berdiri dan dimulai dari hal yang sederhana salah satunya ingin menawarkan sesuatu hal yang beda kepada mahasiswa Jurdik Biologi UNY. Beliau juga menyampaikan keheranannya karena Bionic bisa berkembang seperti sekarang ini. Meskipun begitu, tak lupa beliau juga mengingatkan agar Bionic tidak cepat merasa puas dan tetap membumi dalam setiap berkegiatan.

We are a Big Family!
foto : Mas Harun

Oke. Itu tadi sedikit coretan dari saya tentang BSO yang ada di Biologi UNY. Semoga untuk kedepannya BSO kita bisa menjadi wadah “pelampiasan” bagi para anggotanya terutama ke arah yang positif. Atau minimal menjadi tuan rumah di negri sendiri. Atau, ada yang mau menambah BSO baru lagi?

Iklan
Komentar
  1. bang berkata:

    sippzz saya sangat menikmati coretan anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s